Soal Dan RPP Hots Untuk Produktif

Soal Dan RPP Hots Untuk Produktif
KISI-KISI SOAL

Nama Sekolah             : Nama Sekolah
Program keahlian        : TKJ/RPL
Mata Pelajaran            : Pemrograman Dasar
Kelas/Semester            : X/ Genap
Tahun Pelajaran           : 2019/2020

NO
KOMPETENSI
 DASAR
LINGKUP MATERI
INDIKATOR SOAL
RANAH/LEVEL KOGNITIF
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL

3.8   Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori

Konsep array satu dimensi dan multi dimensi
Disajikan teks dan vidio tentang  memecahkan masalah yang berkaitan dengan array satu dimensi dan multi dimensi


C4/L3

















Pilihan Berganda
1
























KARTU SOAL

KARTU SOAL PILIHAN GANDA
KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran   : Pemrograman Dasar      
Kelas/Semester   : X / 2                             

Kompetensi Dasar
3.8   Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori

Materi
Konsep array satu dimensi dan multi dimensi
Indikator Soal
Disajikan teks dan vidio dan modul tentang  memecahkan masalah yang berkaitan dengan array satu dimensi dan multi dimensi

Level Kognitif
C4

Soal:
1,   Pada Bentuk umum deklarasi array satu dimensi ada banyak deklarasi dibawah ini yang termasuk deklarasai untuk nilai maksimal adalah:

a.    algoritma                                          
b.    Nama_constanta                              
c.    Tipe_data array
d.   nama_var_array
e.    ukuran


2.       Deklarasi array yang  dapat dikembangkan ke array dimensi 2 dan seteruanya adalah ...
  1. Array 1 dimensi
  2. Array 2 dimensi
  3. Array 3 dimensi
  4. Array multi dimensi
  5. Semua jawaban benar
3.    pada array ada fungsi algoritma pada pembuatan program,dibawah ini pembuatan algoritma     yang benar adalah....
a.    For ( I = 0; i<=n; i++)
b.    For ( I = 1; i<=n; i++)
c.    For ( I = 0; i<=i; i++)
d.   For ( I = 0; n<=n; i++)
e.   For ( I = 0; i<=n; )



Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
1
2
3
E
D
A
6



KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)

Mata Pelajaran     : Pemrograman Dasar                      
Kelas/Semester     : X/Ganjil                                        

Kompetensi Dasar
3.8   Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori
Materi
         Konsep array satu dimensi dan multi dimensi
Indikator Soal
Disajikan teks dan vidio tentang  kerusakan rem hidrolik dan kelengkapanya sehingga peserta didik dapat menentukan kerusakan  rem hidrolik dan kelengkapanya

Level Kognitif
C4

Soal:
  1. Tuliskan  sebuah coding program menggunakan array ?
  2. Tuliskanlah sebuah algoritma menggunakan fungsi  array?

Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
SKOR
  1.  
PROGRAM UTAMA  */
Main()
{
/* DEKLARASI */
LarikInt A;
int k;      /* indeks larik */
Int n;      /* banyaknya elemen larik yang dipakai */
Float u;    /* nilai rata-rata */

/* ALGORITMA */
Printf(“Baca jumlah data (n) : “); scanf(“%d, &n);

Printf(“Cetak data : \n”);
CetakLarik(A,n);

Printf(“Hitung rata-rata : \n”);
HitungRataRata(A,n,&u);
Printf(“Rata-rata data =  %f10:6 \n”, u);

Void BacaLarik(LarikInt A,Int n)
/* Mengisi elemen-elemen larik A[1..n] dengan pembacaan */
/*K.awal : n adalah ukuran efektif larik, nilainya terdefenisi */
/*K.akhir : setelah pembacaan, seluruh elemen larik A berisi nilai-nilai yang dibaca dari piranti masukan */

 30










2
/* ALGORITMA */
 i = 1;           /* dimulai dari elemen pertama */
 Jumlah = 0 ;     /* jumlah total nilai mula-mula */
For (i = 1; i <= n ; i++)
   jumlah = jumlah + A[i] ;
/* endfor

*u = jumlah/N;
}



Jumlah Skor



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.     Identitas Program Pendidikan:
Nama Sekolah 
:
SMK Negeri 
Mata Pelajaran
:
Pemrograman dasar
Kompetensi Keahlian
:
Tkj/Rpl
Kelas/Semester
:
X/2
Tahun Pelajaran
:
2019/2020
Alokasi Waktu
:
6 x 45 menit ( 2 x TM)
B.     Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti *)
KI
DeskripsiKompetensi Inti
Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
Keterampilan
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkanketerampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
C.     Kompetensi Dasar *)
KD
KODE
DeskripsiKompetensi Dasar
Pengetahuan
3.8
Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori
Keterampilan
4.8
Membuat kode program untuk menampilkan kumpulan data
array
D.     IndikatorPencapaianKompetensi (IPK) dan TujuanPembelajaran (TP)
KODE IPK
RUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
RUMUSAN TUJUAN PEMBELAJARAN (TP)
3.8.1
Menjelaskan array satu dimensi

Setelah menjelaskan yang tepat untuk pembuatan slide peserta didik dapat memahami pembuatan program array satu dimensi

3.8.2
Menjelaskan array  multi dimensi

Melalui diskusi kelompok dan menggali informasi dari berbagai sumber belajar peserta didik mampu memodifikasi array  multi dimensi.
4.8.1
Membuat aplikasi array satu dimensi

Setelah memodifikasi array  multi satu dimensi, peserta didik mampu menyesuaikan  array  multi dimensi.

4.8.2
Membuat aplikasi array multi dimensi
Setelah membuat array satu  dimensi,setelah itu membuat multi dimensi program.
E.      MateriPembelajaran
(RinciandariMateriPokokPembelajaran)
a.        Pengertian dari fungsi array pada pemrograman dasar

F.      Pendekatan, Model dan Metode
pendekatan
Saintifik
Model
Discovery Learning
Metode
Literasi, Diskusi Kelompok, Presentasi
G.     KegiatanPembelajaran
PertemuanPertama = 3 x 45 menit
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Waktu

Pendahuluan
·   Memberisalam
·   Berdo’a
·   Memberi motivasi tentang pembuatan slide presentasi
·   Apersepsi :Mengajukan pertanyaan seputar array  multi dimensi
·   Menyampaiakan tujuan pembelajaran dan cara belajarnya;
TujuanPembelajaran
Metode
Menjelaskan array  multi dimensi
Diskusi Kelompok
Membuat array  multi dimensi
Diskusi Kelompok
·   Penilaiantertulis dan praktik
15 menit

Inti
Sintak**)
Deskripsi Discovery Learning
Waktu


1.    Stimulation
·         Menyimak pemahaman algoritma yang tepat untuk array  multi dimensi
·      Melihat internet pembelajaran algoritma yang tepat untuk array  multi dimensi
25 menit

2.    Mengidentifikasi Masalah
·   Melakukan identifikasi masalah tentang Memodifikasi array  multi dimensi
20

3.    Data Collection
·  Peserta didik membaca modul untuk menentukan algoritma yang tepat untuk array  multi dimensi.
·   Peserta didik berdiskusi kelompok untuk memecahkan algoritma yang tepat untuk array  multi dimensi

25

4.    Verification
·   Peserta didik menuliskan hasil diskusi kelompok tentang algoritma yang tepat untuk array  multi dimensi
20

5.    Generelization
·   Peserta didik mengajukan diri untuk menjawab teka-teki sederhana yang diberikan di depan kelas dengan sopan
20



Penutup
Deskripsikegiatan
Waktu


ü  Guru Bersama dengan peserta didik:
§ Membuat rangkuman hasil belajar
§ Melakukan refleksi terhadap proses yang sudah dilalui
§ Memberikan umpan balik tentang hasil-hasil yang diperolah selama diskusi kelas
ü  Guru melalukan:
§ Penilaian dan mengumumkan hasil penilaian kepada peserta didik
§ Memberi tugas baca dirumah berkaitan
§ Memberi tahu materi pembelajaran pada pertemuan berikut yaitu
ü  Do’a penutup pembelajaran
10 menit


PertemuanKedua = 3 x 45 menit
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Waktu
Pendahuluan
·   Memberisalam
·   Berdo’a
·   Memberimotivasitentang
·   Apersepsi :Mengajukanpertanyaanseputar
·   Menyampaiakantujuanpembelajaran dan carabelajarnya;
TujuanPembelajaran
Metode
Memodifikasi array satu dimensi menjadi  multi dimensi
Diskusi Kelompok
Menyesuaikan array satu dimesni dengan  array  multi dimensi.
Diskusi Kelompok
·   Penilaiantertulis dan praktik
·  
15 menit
Inti
Sintak**)
Deskripsi
Waktu

1.    Stimulation
·  Peserta didik menggali algoritma yang tepat untuk pembuatan array  multi dimensi
20
2.    Mengidentifikasi Masalah
·  Melakukan identifikasi masalah tentang Memodifikasi array satu dimensi menjadi  multi dimensi
20
3.    Data Collection
·  Peserta didik mengumpulkan data dan membuat perbandingan dari array satu dimesni dengan  array  multi dimensi.
20
4.    Verification
·  Peserta didik menuliskan hasil diskusi kelompok tentang array satu dimesni dengan  array  multi dimensi
25
5.    Generelization
·  Peserta didik menampilkan hasil diskusi kelompok di depan audience array satu dimesni dengan  array  multi dimensi dengan sopan
25



Penutup
Deskripsi kegiatan
Waktu

ü  Guru Bersama dengan peserta didik:
§ Membuat rangkuman hasil belajar
§ Melakukan refleksi terhadap proses yang sudah dilalui
§ Memberikan umpan balik tentang hasil-hasil yang diperolah selama diskusi kelas
ü  Guru melalukan:
§ Penilaian dan mengumumkan hasil penilaian kepada peserta didik
§ Memberi tugas baca dirumah berkaitan dengan
§ Memberi tahu materi pembelajaran pada pertemuan berikut yaitu
ü  Do’a penutup pembelajaran


H.     Alat/Bahan  dan Media Pembelajaran
Media
Modul, Video Tutorial
Alat
Komputer, Infocus,
Bahan
Software Aplikasi Turbo pascal dan Turbo C++

I.        SumberBelajar
Sumber Belajar
-     Kementrian Pendidikan dan  Kebudayaan. 2017.Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital untuk SMK/MAK. Jakarta : Kemendikbud
-     Koesheryatin.2017. Simulasi dan Komunikasi Digital untuk SMK/MAK Kelas X. Bandung: HUP
-     Internet

J.      PenilaianPembelajaran
1.     Teknik Penilaian )*
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Pengetahuan
Testertulis
Soal pilihan berganda
Teslisan
Daftar pertanyaan
Penugasan
daftar perintah
2
Keterampilan
PenilaianProyek
Soal (perintah), Prosedur,dan Format  Penilaian
Praktik
Soal (perintah), Prosedur,dan Format  Penilaian
Produk
Soal (perintah), Prosedur,dan Format  Penilaian
)*Bolehdipilih salah satuatausemuanya
0 Responses

Yang Sopan Ya